Jumat, 16 Maret 2012

Membuat Aplikasi 'Selekasi Masuk Pegawai Negeri' Menggunakan Visual Studio 2008

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Sekarang saya akan mem posting bagaimana cara membuat aplikasi sederhana untuk mengetahui lulus tidaknya seseorang dalam Seleksi Masuk Pegawai Negeri dengan memasukkan kriteria yg di tentukan, yaitu umut harus di antara 17 dan 25 tahun dan tinggi sama atau sama dengan 150cm. Pertama tama, seperti biasa kita harus sudah mempunyai aplikasi Visual Studio 2008 pada komputer / laptop anda. setelah itu buka Visual Studio 2008 dan klik Klik Project lalu layar akan terlihat seperti ini:


setelah itu klik Ok dan layar akan terlihat seperti ini:





lalu masukkan 7 buah label, 3 buat Button dan 5 buah TextBox pada form. lalu ubah (name) dan text masing masing seperti ini:


setelah (name) dan text sudah di ganti seperti isian di atas, maka form akan terlihat seperti ini:


untuk memfungsikan masing masing Button, maka klik 2x pada setiap Button yg ada. berikut adalah coding untuk button proses


lalu klik 2x juga pada Button Ulang dan Keluar. berikut adalah codingnya:


lalu double click pada txtkode untuk membuat coding yg berguna untuk menentukan nomor pendaftaran, umur dan tinggi peserta dr input yg di masukkan pada kode peserta. dan codingannya seperti ini:


setelah step di atas telah di lakukan, makan tekan F5 pada keyboard anda (debug). lalu masukkan kode peserta, setelah klik Tab pada keyboard anda, outpun Nomor Pendaftaran, umur anda dan tinggi badan akan otomatis terisi. dan apa bila semua persyaratan telah terpenuhi, apabila tekan Button Proses maka tampilan akan seperti ini:



 tetapi, jika data yg anda masukkan tidak memenuhi persyaratan, makan tampilan akan menjadi seperti ini:


lalu setelah klik Ulang, maka semua textbox akan kosong dan akan terlihat seperti ini:




lalu, setelah klik Button Keluar akan muncul message box seperti ini:

apabila anda menekan Button No maka akan kembali ke form dan anda masih bisa memasukkan memproses input anda. apabila anda menekan Button Yes maka form itu akan tertutup dengan otomatis.
Sekian penjelasan dr saya apabila ada kata kata yg kurang dan tidak pas tolong beritahu saya melalui comment.
Terima Kasih
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar